Market cap sektor bank meningkat, ini saham pilihan Semesta Indovest

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turut mempengaruhi nilai kapitalisasi pasar emiten. Analis Semesta Indovest Aditya Perdana Putra mengatakan, di tahun ini, saham perbankan cenderung lebih banyak naik dibandingkan saham konsumer. 

Hal ini pun membuat kapitalisasi pasar saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) melambung dan menggeser PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) di urutan pertama.

“BBCA sukses menggeser HMSP di posisi puncak karena kinerja BBCA lebih baik dari HMSP dan kapitalisasi pasar ditentukan oleh harga saham. HMSP di tahun ini harganya cenderung turun, sedangkan BBCA naik khususnya sejak Juli hingga September lalu,” jelasnya, Senin (15/10).

Sementara itu, sektor barang konsumsi pada dua kuartal awal tahun ini mencatatkan kinerja laporan keuangan yang cenderung flat dan stagnan. “Namun sektor perbankan masih mencatatkan growth yang positif di dua kuartal awal tahun ini,” paparnya.

Aditya pun menilai, masih ada sejumlah saham big caps yang masih menarik dilirik. Berikut rekomendasinya:

1. Beli saham BBRI dengan target harga jangka pendek di level Rp 3.100 per saham dan target jangka panjang di level Rp 3.500 per saham.

2. Saham TLKM dengan target harga jangka pendek di level Rp 3.800 per saham dan target jangka panjang di level Rp 4.400 per saham.

3. Saham BBNI dengan target harga jangka pendek di level Rp 7.350 per saham dan target jangka panjang di level Rp 8.000 per saham.

Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Editor: Narita

Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Editor: Narita

REKOMENDASI SAHAM