Punya Kelopak Mata Bersisik? Ketahui Sebab dan Cara Menghindarinya

JawaPos.com – Ketika Anda ingin mengenakan eyeshadow, perempuan akan merasa risih ketika kelopak mata terasa bersisik dan kasar. Sehingga tidak memberikan tampilan riasan mata yang sempurna.

Kondisi kelopak mata yang bersisik atau kasar menandakan kulit Anda sedang kering. Dilansir dari Healthline, Senin (15/10), kulit di kelopak mata Anda unik jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain.

Kulit kelopak mata lebih tipis dari kulit lainnya dan tidak memiliki banyak lemak. Selain itu, kelopak mata dan daerah sekitarnya sangat vaskular, yang berarti banyak darah mengalir melalui pembuluh di sekitar mata. Maka, kelopak mata sangat rentan akan terkena iritasi.

Kulit kelopak yang kering bisa disebabkan oleh ketidakcocokan kondisi alami sehari-hari tanpa Anda sadari seperti iklim tempat tinggal, kelembaban rendah, terpapar air panas, usia lanjut. Selain itu kulit kering juga dapat disebabkan karena iritasi akibat kontak produk rambut, mencuci muka, pelembab, make up, tabir surya, debu, tentu produk yang mengandung wewangian, logam, dan bahan kimia.

Untuk menyembuhkan kulit kering atau iritasi pada kelopak mata, hindari terlebih dahulu paparan air panas. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah bebas pewangi yang memiliki tekstur lembut pada kulit Anda. Kemudian lembabkan kulit Anda dengan menggunakan krim atau lotion bebas aroma. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kompres dingin ke kelopak mata untuk menenangkan kulit kering, iritasi, dan gatal.

Tak hanya mengandalkan cara membersihkan atau merawat kelopak tersebut, tetapi Anda juga perlu disiplin untuk tidak menyentuh mata dan kelopak mata dengan jari Anda. Jika memang Anda masih ragu dengan kondisi kelopak mata Anda cobalah pakai kacamata pelindung untuk sementara waktu agar terhindar dari partikel berbahaya.

(Inr/JPC)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.