Empat prajurit AS cedera di Norwegia jelang latihan NATO

Oslo (ANTARA News) – Empat prajurit Amerika Serikat menderita cedera dalam latihan besar yang diselenggarakan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Norwegia akibat kecelakaan yang melibatkan empat kendaraan pada Selasa, kata militer AS.

Seorang prajurit segera dipulangkan setelah dirawat di rumah sakit, dan tiga lain masih berada dalam pemantauan, menurut Pusat Informasi Gabungan AS dalam pernyataan.

Para prajurit itu sedang berada di truk-truk yang mengangkut kargo ke Kongens Gruve, Norwegia, untuk mendukung “Trident Juncture 18”, latihan terbesar NATO dalam beberapa tahun belakangan, dua hari menjelang kegiatan dimulai.

Trident Juncture 18 akan melibatkan sekitar 50.000 personel dari para sekutu NATO dan negara-negara mitra, sekitar 250 pesawat, 65 kapal dan hingga 10.000 kendaraan. Latihan itu akan berlangsung pada 25 Oktober-7 November di bagian tengah dan timur Norwegia, kawasan-kawasan sekitar Atlantik Utara dan Laut Baltik, termasuk Islandia dan ruang udara Finlandia dan Swedia.

“Kecelakaan tersebut terjadi ketika tiga kendaraan bertabrakan dan kendaraan keempat, yang berusaha menghindari tiga kendaraan itu, terbalik,” kata Pusat Informasi.

Kendaraan dan personel dalam kecelakaan itu diperbantukan pada Pasukan Truk Gabung ke-51 Angkatan Darat Amerika Serikat, yang berkedudukan di Baumholder, Jerman.

Militer AS bekerja sama dengan pihak berwenang Norwegia untuk menyelidiki kecelakaan tersebut.

Baca juga: Trump siap bantu negara NATO membeli persenjataan AS
Baca juga: NATO minta Rusia laksanakan tanggung jawab di Suriah

Editor: Mohamad Anthoni/Elizwan Azly

Pewarta:
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2018