Ceko menangi Piala Fed keenam dalam delapan tahun

Jakarta (ANTARA News) – Republik Ceko memenangi gelar Piala Fed keenam mereka dalam delapan tahun terakhir, setelah mengalahkan Amerika Serikat 3-0 di partai final di O2 Arena, Praha, Ceko, Minggu.

Petenis ganda nomor satu dunia, Katerina Siniakova, yang juga turun di nomor tunggal sukses meraih poin ketiga Ceko dengan menaklukkan Sofia Kenin 7-5, 5-7, 7-5.

Siniakova sukses meredam perlawanan Kenin demi memungkasi partai final yang berlangsung selama 3 jam 45 menit dan menaklukkan AS, yang berstatus juara bertahan namun tidak diperkuat sejumlah petenis terbaiknya, demikian catatan laman resmi turnamen Piala Fed.

Meski juga kehilangan dua petenis terbaiknya sebelum final, Ceko membuktikan dominasi mereka di turnamen tim putri pada dekade ini, yang dipuncaki dengan kemenangan Siniakova.

Siniakova, yang memenangi gelar ganda Prancis Terbuka dan Wimbledon dengan rekan setimnya di tim Ceko Barbora Krejcikova musim ini, terbukti terlalu kuat untuk Kenin, yang menangis setelah pertandingan dan harus dihibur rekan-rekan setimnya.

Dengan Ceko yang telah menggenggam keunggulan 3-0 pada final yang menggunakan sistem best of five maka dua gim tersisa tak dimainkan.

Baca juga: AS akan hadapi Ceko pada Final Piala Fed

Dua negara paling sukses di kompetisi ini bertemu di final Piala Fed untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga dekade.

AS, yang menurunkan tiga wajah baru di Piala Fed, termasuk Kenin, tidak diperkuat Serena dan Venus Williams, serta petenis peringkat enam dunia Sloane Stephens dan Madison Keys.

Di kubu Ceko, petenis peringkat delapan dunia Karolina Pliskova mengundurkan diri karena cedera, dan juara Wimbledon dua kali Petra Kvitova hanya dapat memberi semangat dari bangku pemain cadangan setelah berjuang melawan sakit pada pekan ini.

Baca juga: Kvitova, Pliskova bawa Ceko unggul 2-0 dari Jerman

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018